Selasa, Juni 02, 2009

Titik Edar Baru

Robert T Kiyosaki pernah membuat konsep bagus, tentang perpindahan quadran dalam hidup kita. Selama ini banyak orang terjebak dalam skema hidup yang ajeg, lurus, linear ---semua cerminan dari keadaan yang ingin aman, tak suka perubahan drastis. Saya ingat, ia menasehatkan agar calon pebisnis wajib melakukan perpindahan posisi: pindah quadran.

Sayang lupa pada detail. Namun satu hal pasti, setiap pergeseran dalam hidup selalu berkaitan dengan resiko serta potensi keuntungan yang bisa diraih. Hari ini, dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahiem, saya melakukan tantangan itu. Mengubah titik edar yang semula didambakan permanen, menjadi sementara saja. Hari ini biarlah apa yang telah saya lakoni dengan penuh keringat-tangis-harapan ternyata berlalu begitu saja. Tak menghasilkan apa-apa. Ternyata asumsi yang dibangun dalam benak total keliru.

Kemarin dan beberapa waktu ke belakang, saya berasumsi bahwa kesetiaan, loyalitas, pengabdian adalah segala-galanya. Tapi nyatanya tidak. Terlalu banyak faktor dalam hidup ini yang bisa mengobrak-abrik apa saja yang sudah kita susun dengan susah payah. Mimpi pun bisa luluh lantak hanya karena persoalan sepele ---di luar bayangan kita sebelumnya. Jauh-jauh hari merintis karir dalam pekerjaan, menapaki perbaikan kualitas pendapatan, dengan harapan sampai ke ujung, tiba-tiba topan beliung menderu, dan...bubrak!!!

Jadi mau apa lagi? Segera pindah quadran. Tidak lagi berpikir lurus linear, berimajinasi tentang proses dialektika hidup yang bertangga, dari satu anak pijak ke titik pijak yang lebih tinggi. Tak akan begitu.

Lebih baik menancapkan mindmap dalam diri, bahwa tujuan utama adalah mendekatkan diri pada Allah. Prosesnya bisa gelap atau terang, bisa mulus atau malah terjang. Bisa berpapasan dengan angin sepoi atau justru gelegar guntur. Itulah yang jadi patokan.

Jadi lebih baik quadran baru aku adalah ritme ketundukan. Boleh kalah, tapi berserah ---hanya kepadaNYA. Biarkan tumpas, tapi di jalan keridhoan Illahi Robbi. Segala-galanya, hari ini telah kuserahkan. Peluru baru dari quadran baru adalah: sepuluh amalan baik dan ketundukan kepada JalanNYA. Bersih dari iri, dengki, hasud, takabur, khianat, was-was. Terima kasih, ya Allah....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar